3 Faktor Dalam Pembentukan Buah Sawit


3 Faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan pembentukan buah yang Normal yaitu :
(1) Keseimbangan unsur hara makro dan mikro yg dibutuhkan oleh tanaman,
(2) Tercukupinya jumlah kumbang penyerbuk yang berperan membantu terbuahinya bunga betina oleh bunga jantan ;
(3) Tercukupinya jumlah ketersedian air didalam tanah yg membantu proses mobilisasi unsur hara yg diserap melalui akar aktif pada tanaman kelapa sawit. Jika ada ketiga faktor tersebut bermasalah akan berdampak pada ketidaksempurnaan buah yang dihasilkan.


Dan ada satu faktor yang tidak secara langsung  berpengaruh thd perkembangan buah namun sangat berdampak bagi kemampuan tanaman dalam menyerap unsur hara yaitu Nilai pH tanah,adapun pH tanah yang optimun bagi tanaman adalah 5,5 hingga 6,5 sehingga guna mencapai nilai pH yg ideal kita melakukan berbagai usaha salah satunya adalah penambahan dolomit pada tanah gambut atau tanah rawa yg memiliki sifat potensial masam.

Pupuk Nasa Penyubur Tanaman Sawit 
Ketepatan sebuah advice,rekomendasi sangat dipengaruhi informasi yang didapatkan sebelumnya,sebuah pertanyaan yang berisi informasi lebih detil,akan berguna dalam pemberian rekomendasi,sebagai contoh, bagaimana menaikan produksi kelapa sawit ,dengan informasi Tahun Tanam 2009,Luas lahan 500 Hektar ,Jenis Tanah mineral berpasir,Jenis pupuk makro yang digunakan saat ini NPK (15:15:15),Berat Janjang Rata Rata (BJR) saat ini 8 Kg, hasil produksi tahun sebelumnya 15 Ton/Ha/Thn,,

Dengan adanya informasi seperti maka rekomendasi yg TS Nasa berikan sebagai berikut;
1. Pupuk NPK diberikan minimal 2x dalam 1 tahun dengan dosis dikurangi 25 % dari dosis sebelumnya.
2.pupuk supernasaGranule diberikan dengan dosis perpohon minimal 350 gram/pohon. Diberikan minimal 2 x dalam 1 tahun
3. Pupuk power nutrition dengan dosis 25 gram/pohon, sebaiknya diberikan tersendiri tidak dicampur karena utk memastikan setiap pohon mendapatkan pupuk power nutrion secara tepat.

Dosis penggunaan pupuk Nasa akan terlihat sebulan setelah pemukukan terutama pada daun dan pelepah. Demikian sedikit artikel tentang 3 faktor dalam pembentukan buah sawit semoga bermanfaat untuk anda.

Terima kasih

0 Response to "3 Faktor Dalam Pembentukan Buah Sawit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel