Cara Atasi Hama Kumbang Moncong Kelapa Sawit

CARA ATASI HAMA KUMBANG MONCONG KELAPA SAWIT


Hama Kelapa sawit - Hama Kubang merupakan salah satu jenis hama yang sangat merugikan pada tanaman kelapa dan kelapa sawit yaitu kumbang nyiur atau kumbang moncong ( Oryctes rhinoceros ). Serangan kumbang ini dapat menyebabkan kematian baik pada tanaman muda maupun yang sudah cukup tua. Nah diksempatan ini kamiakan memberikan tips cara Cara Atasi Hama Kumbang Moncong Kelapa Sawit berikut ulasannya.



Untuk menanggulangi  kumbang ini berbagai upaya pengendalian telah dilakukan, baik secara fisik mekanik, kimia maupun secara biologi. Salah satu agensia pengendalian hayati yang digunakan adalah M. anisopliae ( Green muscardine fungi ). Selain itu M. anisopliae juga bisa digunakan untuk mengendalikan wereng yang menyerang pada tanaman padi.

Penggunaan cendawan M. aniopliae ini sangat efektif dalam menekan larva O.rhinoceros, dapat dikembangkan dengan cepat dalam jumlah besar, baik secara alami berupa larva O. rhinoceros yang sudah terinfeksi maupun dengan media buatan dari jagung, beras dan gandum ( Wikardi, 1984 ).

Cara Atasi Hama Kumbang Moncong Kelapa Sawit

Kemampuan cendawan Metarrhizium anisopliaedalam menginfeksi O. rhinoceros tergantung pada kualitas cendawan tersebut, yang meliputi jumlah sporanya ( sporulasi ), viabilitas dan patogenisitasnya ( Gabriel, 1989 ). Kualitas cendawan akan mempengaruhi kehidupan larva O. rhinoceros, karena semakin baik kualitas cendawan maka larva yang terinfeksi akan semakin cepat mati.

Demikian tips Cara Atasi Hama Kumbang Moncong Kelapa Sawit semoga bermanfaat bagi anda.


0 Response to "Cara Atasi Hama Kumbang Moncong Kelapa Sawit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel